Banner 468 X 60

Sunday, August 22, 2010

Mahasiswa UGM Ciptakan Meteran Listrik Digital

Translate This Page

Jaminan Lulus SNMPTN. Empat mahasiswa UGM berhasil mengembangkan sebuah inovasi yakni meteran listrik (KWh meter) digital multifitur. Temuan ini memungkinkan petugas PLN memutuskan arus listrik rumahtangga secara otomatis dari jarak tertentu dengan menggunakan remote control.

Inovasi yang dikembangkan Fadjri Andika Permadi, M Arif Wicaksono, dan Yususf Irfani, ketiganya mahasiswa Diploma jurusan Teknik Elektro, serta Kiki Rahmat Syair dari jurusan Teknik Fisika itu mampu mengantarkan mereka meraih dua mendali emas untuk presentasi dan poster dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIII di Bali, Juli lalu.

Meteran listrik digital, jelas Fadjri, meminimalisasi hambatan yang ditemui petugas PLN saat harus melakukan pemutusan arus listrik. Pada meteran analog, seperti yang biasa kita kenal selama ini, harus melalui penyegelan.

Dengan menggunakan KWh meter digital, PLN bisa memutuskan arus listrik tanpa harus mendatangi rumah pelanggan. Cukup dengan memencet tombol remot dari jarak tertentu.

Meteran listrik digital yang dikembangkan Fadjri dan kawan-kawan itu pun memiliki beberapa fitur yang tidak terdapat dalam meteran listrik analog. Selain dilengkapi dengan pemutus arus listrik berteknologi wireless, pun memungkinkan PLN melakukan pemutusan arus listrik dari jarak 70 meter dengan cakupan 255 kWh.

Meteran listrik digital bisa menampilkan data pada layar LCDnya pemakaian daya listrik secara real time. Data real time yang bisa dikonversikan dalam nominal rupiah memungkinkan pelanggan mengontrol pemakaian listrik sesuai keinginan mereka.

Meteran listrik digital juga dilengkapi menu untuk menampilkan jumlah biaya tagihan pemakaian daya listrik setiap bulannya. Baik biaya berjalan maupun biaya tagihan bulan sebelumnya. Serta dilengkapi alarm pengingat yang diatur berbunyi setiap tanggal 19 atau sehari sebelum jatuh tempo pembayaran tagihan listrik.

Untuk pengembangan meteran listrik digital, bisa memakai meteran listrik analog yang ada. Cukup menambahkan sensor, LCD, dan integrated circuit (IC) 16 pada meteran listrik analog.



Anda tertarik menampilkan update artikel blog ini di Blog Anda, Silahkan tambahkan gedget feed dengan url berikut ini: http://jaminanlulussnmptn.blogspot.com/feeds/posts/default

Used Stationary Bikes

0 comments:

Post a Comment